PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA DISTRO THREE SECOND DI KOTA MATARAM

Authors

  • Rian Indranopa
  • Agus Hermanto

DOI:

https://doi.org/10.29303/jmm.v10i4.672

Abstract

This research is aims to reveal hoe store atmosphere affects custumers’ buying interest. Data collection is done through interview, observation, and questionnaire, while data analysis is done through classical assumption test, double linier regression analysis, double coefficient determinant analysis (r2).Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen.Jenis penelitian yang akan dilakukan bersifat asosiatif kausal (sebab akibat), dan penentuan responden menggunakan sampling insidental terhadap 160 orang responden. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan angket serta alat pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Untuk menganalisis pengaruh store atmosphere digunakan Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda dan Koefisien Determinasi Berganda (R2). This research is aims to reveal hoe store atmosphere affects custumers’ buying interest. Data collection is done through interview, observation, and questionnaire, while data analysis is done through classical assumption test, double linier regression analysis, double coefficient determinant analysis (r2).Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen.Jenis penelitian yang akan dilakukan bersifat asosiatif kausal (sebab akibat), dan penentuan responden menggunakan sampling insidental terhadap 160 orang responden. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan angket serta alat pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Untuk menganalisis pengaruh store atmosphere digunakan Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda dan Koefisien Determinasi Berganda (R2).

References

Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Azwar, Saifuddin. (2009). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Basri, Seta. 2012. Uji Validitas dan Reliabilitas, dalam http://setabasri01. Blogspot.com, di unduh tanggal 22 September 2015.

Berman, B. & J. R. Evans. 2008. Retail Management: a strategic approach (8th ed.) Upper Saddle River: Pretice International, Inc.

Durianto, Darmadi. 2011. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Engel, F.J., Blackwell, R.D & Miniard, P.W. (1995). Perilaku konsumen Jilid 2, Edisi Keenam (terjemahan). Jakarta: Binarupa Aksara.

Foster, Bob. 2008. Manajemen Ritel. Bandung. Alfabeta.

Ghozali dan Fuad. 2005. Structural Equetion Modeling Teori Konsep & Aplikasi dengan Program Lisrel 8.54. Badan Penerbit UNDIP. Semarang.

Idrus, Muhammad.2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial (Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif Edisi Kedua). Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2005. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kreitner, R. & Kinicki, A. (2005). Perilaku organisasi. Buku 1. Edisi kelima. Terj. Erly Suandy. Jakarta: Salemba Empat.

Meldarianda, Resty. 2010. Pengaruh Store Atmosphere terhadap Minat Beli Konsumeln pada Resort Café Atmosphere Bandung. Jurnal Bisnis dan Ekonomi. Vol. 17. No. 2.

Rizky dan Yasin, 2014. Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama Pt.

Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan. Jurnal Manajemen & Bisnis. Vol. 14. No.02.

Purwaningsih, Ayu. 2013. Pengaruh Suasana Toko Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Swalayan Jadi Baru Di Kebumen: Skripsi pada Fakultas Ekonomi Muhammadiyah Purworejo.

Nuridja, Made. 2014. Pengaruh Suasana Toko (Store Atmosphere) Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toserba Nusa Permai di Kecamatan Nusa Penida. Skripsi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Vol: 4 No: 1.

Sari, Desi A. 2014. Analisis Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pizza Hut Semarang: Skripsi pada Fakultas Ekonomi Universitas Pandanaran Semarang.

Tyas, Herti C., 2012. Analisis Sikap Konsumen Terhadap Iklan Rinso Di Televisi (Di Kelurahan Taman Sari Kecamatan Ampenan). Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Universitas Mataram.

Downloads

Published

2021-11-23

How to Cite

Indranopa, R., & Hermanto, A. (2021). PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA DISTRO THREE SECOND DI KOTA MATARAM. Jurnal Magister Manajemen, 10(4), 236–246. https://doi.org/10.29303/jmm.v10i4.672