PERAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN, PENGGUNAAN ULANG DAN LOYALITAS PELANGGAN DALAM PENGGUNAAN JASA REKENING BERSAMA (REKBER) STUDI KASUS PADA PT. TRIJAYA DIGITAL GRUP

Authors

  • Yudi Pratama Universitas Alma Ata Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.29303/jmm.v11i3.738

Abstract

Kualitas pelayanan memiliki peran yang signifikan bagi para pelanggan ketika menilai kualitas produk ataupun pelayanan yang ditawarkan para pelaku bisnis digital. Salah satu penyedia jasa rekening bersama yang sudah cukup dikenal di Indonesia adalah PT. Trijaya Digital Grup atau yang biasa dikenal sebagai tridi.net.  Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : peran dari kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, penggunaan ulang, serta loyalitas pelanggan, pengaruh standar operasional prosedur terhadap kepuasan, penggunaan ulang dan loyalitas pelanggan dan penyediaan fasilitas transaksi pada PT. Trijaya Digital Grup berpengaruh terhadap kepuasan, penggunaan ulang dan loyalitas pelanggan dalam penggunaan jasa rekening bersama (rekber). Metode riset yang dipakai yaitu metode riset kualitatif. Hasil riset membuktikan: Peran kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dalam penggunaan jasa rekening bersama pada PT. Trijaya Digital grup; Peran kualitas pelayanan memiliki dampak yang signifikan terhadap penggunaan ulang rekening Bersama pada PT. Trijaya Digital Grup;  Kualitas pelayanan mempengaruhi loyalitas pelanggan penggunaan jasa rekening bersama pada PT. Trijaya Digital Grup; Indikator kualitas pelayanan yang mempengaruhi kepuasan, penggunaan ulang dan loyalitas pelanggan, yaitu : (Tangible), (Reliability), (Responsiveness), (Assurance), (Empathy); dan Penyediaan fasilitas transaksi mempengaruhi kepuasan, penggunaan ulang dan loyalitas pelanggan dalam penggunaan jasa rekening bersama (rekber) pada PT. Trijaya Digital Grup. Kata Kunci:  Manajemen bisnis; Manajemen Persaingan Eropa; Pasar; Harga

References

Adamu. M. (2017). An Overview of Service Quality, Customer Satisfaction and Alfabeta.

BPMI Setpres. (2020). Ekonomi Digital Indonesia Berpotensi Tumbuh Hingga Delapan Kali Lipat di 2030. Dapat diakses pada Presidenri.go.id

Broyles, et al. (2009). Examining Brand Equity Ahtecedent/Consequence Relationship, Journal Of Marketing Theory And Practice. 17 (2): 145- 159.

Bukalapak, Bukalapak Community (Official Fanpage). Diakses melalui https://www.facebook.com/bukalapak 23 Februari 2022.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Jurnal BP Universitas Diponegoro. Semarang.

Haryoko, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi terhadap Kepuasan Pelanggan pada Bengkel Abadi Jaya Motor Bogor. Jurnal Ekonomi. Universitas Indonesia

Jeremia Kolonio & Djurwati Soepeno. (2019). Pengaruh Service Quality, Trust, Dan Consumer Satisfaction Terhadap Consumer Loyalty Pada Cv. Sarana Marine Fiberglass. Jurnal Emba Vol.7 No.1 Januari 2019, Hal. 831 – 840

Kotler., & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Lazada, Lazada Indonesia Community (Official Fanpage). Diakses melalui https://www.facebook.com/Lazada Indonesia, 23 Februari 2022.

Lestari, A., & Yulianto, E. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi (Survei pada Pelanggan Citra Kendedes Cake & Bakery Jl . S . Hatta B3 Kav. A, Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 54(1), 74–81. Universitas Brawijaya.

Loo, R. (2013). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan, Kepercayaan, Dan Kesetiaan Konsumen Dalam Membeli Produk Di Website Online Kaskus. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 1(3).

Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analisis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohidi, UI-Press.

Natalia, I., Nurhayati, N., & Apria, E. (2020). Kualitas Pelayanan dan Fasilits Fisik terhadap Kepuasan Peserta Didik (Studi pada LP3I College Purwakarta).

Robertus et.at, (2016). Rekening Bersama (Rekber) The Indonesian Escrow Service of Money. Jurnal Administrasi Bisnis. Universitas Indonesia.

Salam, A., Sani, A. A., Brojosetami, P., & Sudibyo, T. D. (2021). Impact of Service Quality and Application of Sharia Principles on Consumer Intention of Sharia Hotel. Journal of Digital Marketing and Halal Industry, 3(2), 165178.

Shopee, Shopee Community (Official Fanpage). Di akses melalui https://www.facebook.com/ShopeeID, 23 Februari 2022.

Suandi, S. (2019). Analisis Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur. Journal PPS UNISTI, 1(2), 13–22. https://doi.org/10.48093/jiask.v1i2.8

Sudjatmika, F. V. (2017). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan, Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Tokopedia. Com. Agora, 5(1).

Sugiyono, (2018). Metode Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta

Sumarwan, U. (2015). Perilaku Konsumen. Ciawi: Ghalia Indonesia

Suryani, N., Haq, I. D., & Kusumadewi, S. (2021). Sirekto (Sistem Informasi Rekening Bersama Berbasis Web Pada Transaksi Online). Jurnal Insan: Journal Of Information System Management Innovation, 1(1), 19-27.

Tokopedia, Tokopedia Community (Official Fanpage). Diakses melalui https://www.facebook.com/tokopedia 23 Februari 2022.

Tridi. (2021). Welcome to PT. Trijaya Digital Grup (TRIDI). Dapat Diakses pada Tridi.net

William, dan Purba, T. (2020). Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan pada Bengkel Mazda di Kota Batam. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 8(1), 1987–1996.

Downloads

Published

2022-08-15

How to Cite

Pratama, Y. (2022). PERAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN, PENGGUNAAN ULANG DAN LOYALITAS PELANGGAN DALAM PENGGUNAAN JASA REKENING BERSAMA (REKBER) STUDI KASUS PADA PT. TRIJAYA DIGITAL GRUP. Jurnal Magister Manajemen, 11(3), 201–214. https://doi.org/10.29303/jmm.v11i3.738