PERAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN, PENGGUNAAN ULANG DAN LOYALITAS PELANGGAN DALAM PENGGUNAAN JASA REKENING BERSAMA (REKBER) STUDI KASUS PADA PT. TRIJAYA DIGITAL GRUP
DOI:
https://doi.org/10.29303/jmm.v11i3.738Abstract
Kualitas pelayanan memiliki peran yang signifikan bagi para pelanggan ketika menilai kualitas produk ataupun pelayanan yang ditawarkan para pelaku bisnis digital. Salah satu penyedia jasa rekening bersama yang sudah cukup dikenal di Indonesia adalah PT. Trijaya Digital Grup atau yang biasa dikenal sebagai tridi.net. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : peran dari kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, penggunaan ulang, serta loyalitas pelanggan, pengaruh standar operasional prosedur terhadap kepuasan, penggunaan ulang dan loyalitas pelanggan dan penyediaan fasilitas transaksi pada PT. Trijaya Digital Grup berpengaruh terhadap kepuasan, penggunaan ulang dan loyalitas pelanggan dalam penggunaan jasa rekening bersama (rekber). Metode riset yang dipakai yaitu metode riset kualitatif. Hasil riset membuktikan: Peran kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dalam penggunaan jasa rekening bersama pada PT. Trijaya Digital grup; Peran kualitas pelayanan memiliki dampak yang signifikan terhadap penggunaan ulang rekening Bersama pada PT. Trijaya Digital Grup; Kualitas pelayanan mempengaruhi loyalitas pelanggan penggunaan jasa rekening bersama pada PT. Trijaya Digital Grup; Indikator kualitas pelayanan yang mempengaruhi kepuasan, penggunaan ulang dan loyalitas pelanggan, yaitu : (Tangible), (Reliability), (Responsiveness), (Assurance), (Empathy); dan Penyediaan fasilitas transaksi mempengaruhi kepuasan, penggunaan ulang dan loyalitas pelanggan dalam penggunaan jasa rekening bersama (rekber) pada PT. Trijaya Digital Grup. Kata Kunci: Manajemen bisnis; Manajemen Persaingan Eropa; Pasar; HargaReferences
Adamu. M. (2017). An Overview of Service Quality, Customer Satisfaction and Alfabeta.
BPMI Setpres. (2020). Ekonomi Digital Indonesia Berpotensi Tumbuh Hingga Delapan Kali Lipat di 2030. Dapat diakses pada Presidenri.go.id
Broyles, et al. (2009). Examining Brand Equity Ahtecedent/Consequence Relationship, Journal Of Marketing Theory And Practice. 17 (2): 145- 159.
Bukalapak, Bukalapak Community (Official Fanpage). Diakses melalui https://www.facebook.com/bukalapak 23 Februari 2022.
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Jurnal BP Universitas Diponegoro. Semarang.
Haryoko, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi terhadap Kepuasan Pelanggan pada Bengkel Abadi Jaya Motor Bogor. Jurnal Ekonomi. Universitas Indonesia
Jeremia Kolonio & Djurwati Soepeno. (2019). Pengaruh Service Quality, Trust, Dan Consumer Satisfaction Terhadap Consumer Loyalty Pada Cv. Sarana Marine Fiberglass. Jurnal Emba Vol.7 No.1 Januari 2019, Hal. 831 – 840
Kotler., & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.
Lazada, Lazada Indonesia Community (Official Fanpage). Diakses melalui https://www.facebook.com/Lazada Indonesia, 23 Februari 2022.
Lestari, A., & Yulianto, E. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi (Survei pada Pelanggan Citra Kendedes Cake & Bakery Jl . S . Hatta B3 Kav. A, Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 54(1), 74–81. Universitas Brawijaya.
Loo, R. (2013). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan, Kepercayaan, Dan Kesetiaan Konsumen Dalam Membeli Produk Di Website Online Kaskus. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 1(3).
Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analisis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohidi, UI-Press.
Natalia, I., Nurhayati, N., & Apria, E. (2020). Kualitas Pelayanan dan Fasilits Fisik terhadap Kepuasan Peserta Didik (Studi pada LP3I College Purwakarta).
Robertus et.at, (2016). Rekening Bersama (Rekber) The Indonesian Escrow Service of Money. Jurnal Administrasi Bisnis. Universitas Indonesia.
Salam, A., Sani, A. A., Brojosetami, P., & Sudibyo, T. D. (2021). Impact of Service Quality and Application of Sharia Principles on Consumer Intention of Sharia Hotel. Journal of Digital Marketing and Halal Industry, 3(2), 165178.
Shopee, Shopee Community (Official Fanpage). Di akses melalui https://www.facebook.com/ShopeeID, 23 Februari 2022.
Suandi, S. (2019). Analisis Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur. Journal PPS UNISTI, 1(2), 13–22. https://doi.org/10.48093/jiask.v1i2.8
Sudjatmika, F. V. (2017). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan, Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Tokopedia. Com. Agora, 5(1).
Sugiyono, (2018). Metode Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta
Sumarwan, U. (2015). Perilaku Konsumen. Ciawi: Ghalia Indonesia
Suryani, N., Haq, I. D., & Kusumadewi, S. (2021). Sirekto (Sistem Informasi Rekening Bersama Berbasis Web Pada Transaksi Online). Jurnal Insan: Journal Of Information System Management Innovation, 1(1), 19-27.
Tokopedia, Tokopedia Community (Official Fanpage). Diakses melalui https://www.facebook.com/tokopedia 23 Februari 2022.
Tridi. (2021). Welcome to PT. Trijaya Digital Grup (TRIDI). Dapat Diakses pada Tridi.net
William, dan Purba, T. (2020). Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan pada Bengkel Mazda di Kota Batam. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 8(1), 1987–1996.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Yudi Pratama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC BY 4.0. This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in JMM.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).




