PENGARUH CITRA MEREK PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK IPHONE DI KALANGAN GEN-Z KOTA MATARAM DENGAN GAYA HIDUP SEBAGAI VARIABEL INTERVERNING
The Influence of Brand Image on iPhone Product Purchasing Decisions Among Gen-Z in Mataram City with Lifestyle as an Interverning Variable
Authors
Frilia Anisa Tamima , Rusminah Rusminah , Lalu Adi PermadiDOI:
10.29303/jmm.v13i1.804Published:
2024-02-28Issue:
Vol. 13 No. 1 (2024): JMM Februari 2024Keywords:
Citra Merek, Gaya Hidup, Keputusan Pembelian, Brand image, Lifestyle, Purchase DecisionsArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya hidup dalam memediasi pengaruh citra merek terhadap keputusan penggunaan pembelian produk iPhone di Kalangan Gen-Z Kota Mataram. Populasi dalam penelitian ini adalah penduduk di Kota Mataram yang termasuk dalam generasi Z yaitu generasi kelahiran tahun 1996-2012 yang menggunakan iPhone, sedangkan sampel dari penelitian ini sebanyak 100 pengguna iPhone dengan menggunakan Teknik pengambilan purposive sampling. Jenis penelitian ini merupakan penelitian asosiatif. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan SPSS 26.0 for Windows, dimana dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi causal step ,uji sobel, uji signifikansi (uji t) dan uji koefisien determinasi (R2 ). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa : Citra merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, gaya hidup memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, citra merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap gaya hidup, citra merek memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh gaya hidup. This research aims to determine lifestyle in mediating the influence of brand image on the decision to purchase iPhone products among Gen-Z in Mataram City. The population in this study were residents in the city of Mataram who belonged to generation Z, namely the generation born in 1996-2012 who used iPhones, while the sample from this study was 100 iPhone users using purposive sampling techniques. This type of research is associative research. Data processing in this study used SPSS 26.0 for Windows, which tested the validity tests, reliability tests, classical assumption tests, causal step regression tests, Sobel tests, significance tests (t tests) and coefficient of determination tests (R2) were carried out. Based on the research results, it shows that: Brand image has a positive and significant influence on purchasing decisions, lifestyle has a positive and significant influence on purchasing decisions, brand image has a positive and significant influence on lifestyle, Brand image has a positive and insignificant influence on purchasing decisions which is mediated by lifestyle.References
A, Shimp, Terence. (2003). Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jilid I ( edisi 5), Jakarta: Erlangga.
A.B . Susanto dan Wijanarko. (2004). Power Branding : Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya. Jakarta: PT Mizan Publika Jakarta.
Aaker (2013). Manajemen Pemasaran Strategi. Edisi kedelapan. Jakarta: Salemba Empat.
Adisty. (2022). Mengulik Perkembangan Penggunaan Smartphone di Indonesia, dari https://goodstats.id/article/mengulik-perkembangan-penggunaan-smartphone-di-indonesia-sT2LA, diakses pada 11 Februari 2023.
Ananda. (2022). Karakteristik Generasi Z dan Tahun Berapa Generasi Z. https://www.gramedia.com/best-seller/gen-z/, diakes 25 Juni 2023
Arradian. (2022). iPhone Paling Laris di Indonesia, Mana yang Sedang Anda Gunakan?, dari https://tekno.sindonews.com/read/810809/122/iphone-paling-laris-di-indonesia-mana-yang-sedang-anda-gunakan, diakses pada 19 Juni 2023
Azzah B. B., Novrianti D. P. (2022). Pengaruh Gaya Hidup dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Apple Melalui Ekuitas Merek sebagai Variabel Intervening di Kota Pekanbaru, Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4(3)
Dharmmesta & Handoko. 2013. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen, Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE
Durianto, D., Sugiarto, & Sitinjak, T. (2004). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Fatlahah, A., (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Es Krim Wall’s Magnum, Jurnal Ilmu Manajemen. 2(1)
Firdaus, Larasati T. K, & Bharmawan A. S., (2023). Gaya Hidup Memediasi Brand Image, Harga, Promosi, Terhadap Minat Beli (Studi Pada Konsumen Ms Glow Aesthetic Clinic Surabaya. Jurnal Program Studi Ekonomi Pembangunan, 7(2)
Gujarati, Porter. (2012). Dasar–dasar Ekonometrika. Jakarta. Salemba Empat.
Hayani, Harahmi, (2012). Manajemen Pemasaran Bagi Pendidikan Ekonomi. Pekan Baru: Suska Press.
Hidayat R. I., Sudarwanto T. (2022). Pengaruh Gaya Hidup, Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian, Jurnal Manajemen. 14(2)
Indriantoro, Nur dan Supomo, (2002). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen, Edisi Pertama. Yogyakarta : BPFE.
Kotler, P. (2000), Manajemen Pemasaran: Analisis Perencanaan, Impelemental, dan Pengendalian, Jilid Pertama, Edisi Millenium, Jakarta: PT.Prehalindo
Kotler, P., & Keller, K. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12 . Edinburgh Gate Harlow: Pearson.
Kotler, P., & Keller, K. (2013). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 . Edinburgh Gate Harlow: Pearson.
Kotler, P., & Keller, K. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 13, Bahasa Indonesia Jilid 1 dan 3 Cetakan. Jakarta: Rajawali
Kotler, P., & Keller, K. (2008). Konsep Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1.
Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.
Lawrence. (2003). Social research methods: Qualitative and quantitative approaches. Boston: Allyn and Bacon.
Lumanauw. (2021). Generasi Z Lebih Memilih Iphone Daripada Android, Kenapa?, dari https://sulutnewstv.com/2021/12/31/generasi-z-lebih-memilih-iphone-daripada-android-kenapa/, diakses pada 02 Maret 2023
Muhamad N. (2023). Samsung Merajai Penjualan Smartphone Global untuk Kuartal III 2023.dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/10/20/samsung-merajai-penjualan-smartphone-global-pada-kuartal-iii-2023, diakses pada 10 Desember 2023
Nugraheni, P.N.A. 2003. Diferensiasi Kecenderungan Gaya Hidup Hedonis Bagi Remaja Dilihat Atas Lokasi Tempat Tinggal. Skripsi Surakarta. Fakultas Psikologi UMS.
Olson, Jerry and Peter. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi 9, Buku 1, Jakarta: Salemba Empat.
Paendong, Tielung, (2016). Dampak Kebutuhan Serta Gaya Hidup Akan Putusan Pembelian Ponsel Smartfren Pada Galeri Smartfren Cabang Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. 16(04)
Pertiwi. (2022). Dampak Citra Merek Akan Keputusan Pembelian Produk Iphone Lewat Gaya Hidup Menjadi Variabel Intervening Pada Kabupaten Barru. Skripsi Makassar. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta
Sanjaya, (2022). Dampak Ekuitas Merek (Brand Equity) Akan Putusan Pembelian Produk Smartphone Merek Iphone (Studi Kasus Pada Sandy Electro Mataram Tahun 2021). Skripsi. Mataram. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN.
Santoso, Singgih. (2012). Statistik Parametik. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Umum.
Santoso, Singgih. (2015). Menguasai Statistik Multivariat. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Schiffman, Leon dan Kanuk. (2008). Tindakan Konsumen. Jakarta: PT Indeks.
Sekaran, Uma. (2011). Research Methods For Business (Metode Penelitian Untuk Bisnis). Jakarta: Salemba Empat.
Siregar, Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif: Meliputi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS, Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.
Stephanie, Nistanto. (2021). Sejarah 14 Tahun Perjalanan iPhone dari Masa ke
Masa, dari https://tekno.kompas.com/read/2021/01/13/18320087/sejarah-14-tahun-perjalanan-iphone-dari-masa-ke-masa, diakses pada 19 Agustus 2023
Suardhita N., Rafik A., & Sugeng I. S.. (2019). Dampak Citra Merek (Brand Image) Akan Putusan Pembelian Produk Bedak Merek Wardah, Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis 3(1)
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, serta R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, Wiratna. (2015). Statistik untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sunarto, Kamanto. (2000). Pengantar Sosiologi. (Edisi Kedua). Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Swatama I G. A. A., Warmika I G. K., (2022). Peranan Gaya Hidup Akan Putusan Pembelian Smartphone Iphone Dimana Dimediasi Dari Sikap, Jurnal Manajemen. 11(6)
Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa –Prinsip, Pengaplikasian, serta Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
Utami, (2022). Apa Itu Brand?, dari https://wartaekonomi.co.id/read390156/apa-itu-brand, diakses pada 14 Maret 2023
Widiastuti C. T., Universari N., Setiawan I. N., (2023). Analisa Gaya Hidup Menjadi Variabel Mediasi Dalam Tindakan Konsumtif Belanja Online, Jurnal Ilmiah. 21 (4)
Widjaja. (2009). Perencanaan Menjadi Fungsio Manajemen. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Wowor C. A. S., Lumanauw B., Ogi I. W. J. (2021). Dampak Citra Merek, Harga Serta Gaya Hidup Akan Putusan Pembelian Kopi Janji Jiwa Pada Kota Manado, Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. 9(3)
Yuriananda A. V., Mahargiono P. B. (2023). Pengaruh Gaya Hidup Serta Mutu Produk Akan Putusan Pembelian Smartphone Iphone Melewati Citra Merek Menjadi Variabel Intervening Untuk Mahasiswa Stiesia, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 12(4)
License
Copyright (c) 2024 Frilia Anisa Tamima, Rusminah Rusminah, Lalu Adi Permadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.