Pengaruh Konten Buatan Pengguna, Citra Merek, dan Desain Produk Terhadap Perilaku Konsumtif Tumbler Pada Platform Tiktok di Kota Denpasar
DOI:
https://doi.org/10.29303/jmm.v14i4.832Keywords:
Konten Buatan Pengguna, Citra Merek, Desain Produk, Perilaku KonsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konten buatan pengguna, citra merek, dan desain produk terhadap perilaku konsumtif tumbler pada platform tiktok di Denpasar. Populasi penelitian ini berasal dari pengguna aktif platform TikTok di Denpasar. Sampel yang digunakan sebanyak 128 responden, pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran google form secara daring. Analisis data yang digunakan yaitu SPSS 29. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu konten buatan pengguna berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan t hitung 5.930 > 1,979, koefisien regresi sebesar 0,824, dan signifikansi sebesar <.001. Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan t hitung 3,732 > 1,979, nilai koefisien regresi sebesar 0,560 dan nilai signifikansi sebesar <.001. Desain produk berpengaruh positf tidak signifikan terhadap perilaku konsumtif, dibuktikan dengan t hitung 1,078 < 1,979, nilai koefisien regresi sebesar 0,165 dan nilai signifikansi sebesar 0, 283. Sementara F hitung > F Tabel (99.559 > 2.678), dengan nilai signifikansi .001 < 0.05, artinya konten buatan pengguna, citra merek, dan desain produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif.References
Abdul S, M. B. M. W. (2022). Pengaruhkualitasproduk,Desain Produk, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ice Cream Diamond Di Surabaya.
Adam Saputra, Y., & Dwi Hayu Agustini, M. Y. (2024). Kajian Perilaku RamahLingkungan Generasi Muda terkait Penggunaan Tumbler Ramah Lingkungan. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 15(2), 148–163.
Ani, J., Lumanauw, B., & Tampenawas, J. L. A. (2021). Pengaruh Citra Merek, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada E-Commerce Tokopedia Di Kota Manado. 663 Jurnal EMBA, 9(2), 663–674.
Anisa, D. K., & Marlena, N. (2022). Pengaruh User Generated Content dan E-Won Pada Aplikasi TikTok Terhadap Purchase Intention Product Fashion
Hananto, D. (2021). Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jersey Sepeda Di Tangsel.
Hair, Jr et, all, 2010, Multivariate Data Analysis 7th, Pearson, United States
Haq, A., & Iswandi, I. (2022). Relevansi Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat. 1(3), 415-424.
Jumai Latte1 Abd. Manan2. (2022). Pengaruh Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tas Anyaman Purun Di Kecamatan Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara. Inovatif Jurnal Administrasi Niaga, 4.
Marsyanda1, S. A. (2023). Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial Upaya Indonesia Dalam Melindungi Laut Dari Ancaman Marine Plastic Debris Melalui Kerja Sama Internasional Pada Masa Kepemimpinan Presiden Joko Widodo.
Mustomi, D., Puspasari, A., Bisnis, A., Ekonomi, F., Bisnis, D., Bina, U., & Informatika, S. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Vol. 4, Issue 1).
Romadon, A. S., Meirisa, ) ;, Pramusinto, A., Salwa, ) ;, & Kamelia3, N. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Shopee. Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 21(3), 259–269.
Shadiqi, Muhammad Abdan. (2023). Statistik untuk Penelitian Psikologi dengan SPSS. Depok: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Wisianto, R., & Keni, K. (2023). Pengaruh Konten Buatan Pengguna Dan Konten Buatan Perusahaan Terhadap Loyalitas Merek Smartphone Di Indonesia Dengan Kepercayaan Merek Sebagai Variabel Mediasi (Vol. 18, Issue 1).
Zendrato, I. N., Harapan, D., & Simanjuntak, P. (2025). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Kasus: Mahasiswa Pendidikan Antropologi). 6, 2025.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC BY 4.0. This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in JMM.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).




