Pengaruh Harga Dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific Pada E-Commerce di Kota Mataram Dengan Review Pembeli Sebagai Mediasi Pengaruh Harga
DOI:
https://doi.org/10.29303/jmm.v14i4.839Keywords:
Keputusan Pembelian, Harga, Review Pembeli, Influencer, Skintific, E-CommerceAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga dan influencer terhadap keputusan pembelian produk skintific pada e-commerce di kota Mataram dengan review pembeli sebagai mediasi pengaruh harga. Populasi dalam penelitian ini dibatasi pada konsumen yang pernah membeli produk skintific pada e-commerce di Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan sampel berjumlah 100 responden yang membeli produk skintific pada e-commerce dan bertempat tinggal di kota Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan metode analisis data Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk skintific pada e-commerce, review pembeli berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk skintific pada e-commerce, influencer berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk skintific pada e-commerce, dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap review pembeli produk skintific. Rekomendasi berdasarkan hasil penelitian ini adalah pengembang strategi marketing yang dilakukan oleh perusahan skintific dengan penyesuaian harga yang bisa dijangkau oleh berbagai kalangan, review produk yang jujur, dan pemilihan influencer yang kompeten untuk memperomosikan produk.References
ASPI. (2024). Statistik QRIS.
Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340.
Erwinsyah, E., Ningsih, K., & Anjelita, K. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Persepsi Kegunaan Terhadap Niat Untuk Menggunakan Dan Penggunaan Aktual Teknologi Pembayaran Digital QRIS. Jurnal Ekonomi & Manajemen Indonesia, 23(1), 22–36.
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Square Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Andi.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi 14 Jilid 1. Indeks.
Marchelina, D., & Pratiwi, R. (2016). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko dan Fitur Layanan terhadap Minat Penggunaan E- Money (Studi Kasus Pada Pengguna E-Money Kota Palembang). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 1–17.
Nugraha, A.I. Prabawa, S.A. (2024). Literasi Keuangan, Kemudahan Penggunaan, serta Manfaat Terhadap Penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). COSTING, 7(3), 5715-5723.
Octaviani, L.S. et al. (2024). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Manfaat dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-Payment QRIS pada Generasi Z. PARSIMONIA, 11(2), 98-107.
Putri, M. T., Hatta, A. J., & Indraswono, C. (2023). Analisis Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan, Kepercayaan, Gaya Hidup, Literasi Keuangan, Dan Risiko Terhadap Penggunaan Qris Sebagai Alat Pembayaran Digital Pada Mahasiswa Di Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 17(3), 215–228.
Putri, P. A., Taufiqurrahman, & Novitasari, H. (2024). Pengaruh Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan Terhadap Keputusan Penggunaan Melalui Kepercayaan Terhadap Keputusan Penggunaan QRIS pada Mahasiswa Generasi Z di Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 9(2), 296-316.
Putri, S. A., & Djajadikerta, H. (2024). Pengaruh Persepsi Literasi Keuangan, Kemanfaatan, Kemudahan, dan Risiko Terhadap Minat Generasi Z dalam Menggunakan QRIS. Ekasakti Jurnal Penelitian & Pengabdian, 3(1) ,1–7.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Susilo, H. (2021). Digitalisasi Ekonomi: Peran Fintech dalam Transformasi Sistem Pembayaran. Jakarta: Gramedia.
Wijaya, D. (2020). Teknologi Finansial dan Perkembangannya. Jakarta: Gramedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC BY 4.0. This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in JMM.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).




