Pengaruh Harga Dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific Pada E-Commerce di Kota Mataram Dengan Review Pembeli Sebagai Mediasi Pengaruh Harga

Authors

  • Iko Sabrina Febriyanti Universitas Mataram
  • Rahman Dayani Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/jmm.v14i4.839

Keywords:

Keputusan Pembelian, Harga, Review Pembeli, Influencer, Skintific, E-Commerce

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga dan influencer terhadap keputusan pembelian produk skintific pada e-commerce di kota Mataram dengan review pembeli sebagai mediasi pengaruh harga. Populasi dalam penelitian ini dibatasi pada konsumen yang pernah membeli produk skintific pada e-commerce di Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan sampel berjumlah 100 responden yang membeli produk skintific pada e-commerce dan bertempat tinggal di kota Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan metode analisis data Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk skintific pada e-commerce, review pembeli berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk skintific pada e-commerce, influencer berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk skintific pada e-commerce, dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap review pembeli produk skintific. Rekomendasi berdasarkan hasil penelitian ini adalah pengembang strategi marketing yang dilakukan oleh perusahan skintific dengan penyesuaian harga yang bisa dijangkau oleh berbagai kalangan, review produk yang jujur, dan pemilihan influencer yang kompeten untuk memperomosikan produk.

References

ASPI. (2024). Statistik QRIS.

Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340.

Erwinsyah, E., Ningsih, K., & Anjelita, K. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Persepsi Kegunaan Terhadap Niat Untuk Menggunakan Dan Penggunaan Aktual Teknologi Pembayaran Digital QRIS. Jurnal Ekonomi & Manajemen Indonesia, 23(1), 22–36.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Square Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Andi.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi 14 Jilid 1. Indeks.

Marchelina, D., & Pratiwi, R. (2016). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko dan Fitur Layanan terhadap Minat Penggunaan E- Money (Studi Kasus Pada Pengguna E-Money Kota Palembang). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 1–17.

Nugraha, A.I. Prabawa, S.A. (2024). Literasi Keuangan, Kemudahan Penggunaan, serta Manfaat Terhadap Penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). COSTING, 7(3), 5715-5723.

Octaviani, L.S. et al. (2024). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Manfaat dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-Payment QRIS pada Generasi Z. PARSIMONIA, 11(2), 98-107.

Putri, M. T., Hatta, A. J., & Indraswono, C. (2023). Analisis Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan, Kepercayaan, Gaya Hidup, Literasi Keuangan, Dan Risiko Terhadap Penggunaan Qris Sebagai Alat Pembayaran Digital Pada Mahasiswa Di Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 17(3), 215–228.

Putri, P. A., Taufiqurrahman, & Novitasari, H. (2024). Pengaruh Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan Terhadap Keputusan Penggunaan Melalui Kepercayaan Terhadap Keputusan Penggunaan QRIS pada Mahasiswa Generasi Z di Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 9(2), 296-316.

Putri, S. A., & Djajadikerta, H. (2024). Pengaruh Persepsi Literasi Keuangan, Kemanfaatan, Kemudahan, dan Risiko Terhadap Minat Generasi Z dalam Menggunakan QRIS. Ekasakti Jurnal Penelitian & Pengabdian, 3(1) ,1–7.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Susilo, H. (2021). Digitalisasi Ekonomi: Peran Fintech dalam Transformasi Sistem Pembayaran. Jakarta: Gramedia.

Wijaya, D. (2020). Teknologi Finansial dan Perkembangannya. Jakarta: Gramedia.

Downloads

Published

2025-11-30

How to Cite

Sabrina Febriyanti, I. ., & Dayani, R. (2025). Pengaruh Harga Dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific Pada E-Commerce di Kota Mataram Dengan Review Pembeli Sebagai Mediasi Pengaruh Harga. JMM UNRAM - MASTER OF MANAGEMENT JOURNAL, 14(4), 160–167. https://doi.org/10.29303/jmm.v14i4.839