PENENTU BRAND AWARENESS PADA APLIKASI OJEK ONLINE (GOJEK)
Authors
Sugiono Sugiono , Suwitho Suwitho , Suhermin SuherminDOI:
10.29303/jmm.v8i3.442Published:
2019-07-18Issue:
Vol. 8 No. 3 (2019): JMM September 2019Keywords:
Brand Awarness, Ojek Online, Teknologi, GojekArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
PT. Go-Jek merupakan salah satu transportasi berbasis online di Indonesia. Tujuan untuk menganalisis Faktor penentu brand awareness go-jek dan bagaimana persepsi informan terhadap langkah-langkah go-jek dalam mempertahankan brand awareness. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif paradigma interpretif, Adapun informannya dari mahasiswa Universitas Airlangga dan Masyarakat di Surabaya yang mengunakan aplikasi gojek. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat lima faktor penetu brand awareness. Pertama produk, mahasiswa Universitas Airlangga dan masyarakat merasa puas dengan produk yang dihasilkan gojek. Kedua harga, harganya murah dan terjangkau baik dari kalangan mahasiswa maupun masyarakat. Ketiga kemudaham mendapatan driver, menjadi penentu ketika konsumen gojek mudah mendapatkan driver. Keempat promosi, untuk menarik perhatian konsumen agar selalu menggunakan jasa dari entitas tersebut. Kelima pelayanan yang diberikan driver, pelayanan yang diberikan oleh gojek merupakan tolak ukur keberhasilan gojek. Sehingga Persepsi informan terhadap langkah-langkah go-jek dalam mempertahankan Brand Awareness, pertama kecepatan, gojek harus melakukan berbagai upaya salah satunya melayani konsumen dengan cepat. Kedua inovasi, gojek selalu melakukan inovasi, mulai dari adanya go-pay sebagai alat pembayaran hingga penambahan menu-menu baru dalam aplikasinya. Ketiga dampak social, dampak social adanya gojek sangatlah besar bagi masyarakat.References
Anggraini, N. F. 2017. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Menggunakan Jasa Ojek Online. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Anggraini, R.Y. 2017. Masuknya Paradigma Interpretif Pada Kajian Ilmu Akuntansi. Jurnal Analisa Akuntansi dan Perpajakan Vol 1(1): 51-62.
APJII. 2018. Survei APJII: Penetrasi Internet di Indonesia. Apjii, 3. Retrieved from https://apjii.or.id/downfile/file/BULETINAPJIIEDISI22Maret2018.pdf
Davis, F. 1989. Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use and User Acceptance of Information Technology. Management Information Systems Research Center, 13(3), 319–340. https://doi.org/10.2307/249008
Efendi, A., T. Logawali, dan Musdalifah. 2016. Pengaruh Branda Image dan Inovasi Layanan terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Gojek di Kota Makassar. Jurnal Manajemen Ide dan Inspirasi Vol 3(2): 1-15.
Go-jek.com. 2019. tentang go-jek. https://www.go-jek.com/about.08 Mei 2019 (23.00)
Hardian. 2018, April 23. 3 Aplikasi Ojek Online Pesaing Gojek dan Grab. Retrieved from https://www.moneysmart.id/3-aplikasi-ojek-online-lokal-pesaing-go-jek-grab/
Hayati, N. 2016. Analisa Strategi Marketing Public Relations PT. Gojek dalam Memasarkan Gojek sebagai Sarana Transportasi Berbasis Teknologi. The Marketing Century. Universitas Indonesia. https://doi.org/10.1002/9781119208501.ch9
Jans, R. T. 2017. 6 Tren Digital Marketing Indonesia. Retrieved December 16, 2018, from https://nextdigital.co.id/2017/03/02/6-tren-digital-marketing-indonesia-di-tahun-2017-yang-tidak-anda-sadari-bisa-bikin-sukses/
Karunanithy, M., dan S, Sivesan, . 2013. An empirical study on the promotional mix and brand equity: Mobile service providers. Industrial Engineering Letters, 3(3), 1–9. https://doi.org/2225-0581
Kominfo, K. 2018. Jumlah Pengguna Internet. Retrieved from https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/12640/siaran-pers-no-53hmkominfo022018-tentang-jumlah-pengguna-internet-2017-meningkat-kominfo-terus-lakukan-percepatan-pembangunan-broadband/0/siaran_pers
Kumlasari, P. 2013. Analisis Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image terhadap Brand Equty dan Dampakanya pada Minat Beli Konsumen (Studi pada Product Placement Mie Instan Indomie di dalam Film 5 cm). Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.
Kotler, P., dan, K. L. Keller 2000. Manajemen Pemasaran 301.
Lavenia, B. C., Iqbal, M., dan A., Irawan. 2018. Pengaruh Technology Acceptance Model (TAM) dan Electronic Word Of Mouth (EWOM) Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 60(3), 52–61. Retrieved from administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id
Maryam, dan W., Wirman. 2017. Strategi Marketing Public Relations dalam Meningkatkan Jumlah Tamu Hotel Pantai Marina Bengkalis. Jom FISIP, 4(2), 1–19.
Nur'amna, A. 2018. Analisis Efektivitas Sales Promotion pada Gojek dan Grab serta Pengaruhnya terhadap Keputusan Pengguna Transportasi Online di Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Pratiwi, W. A., dan G. B. Rahanatha, 2016. Peran Brand Awareness Memediasi Daya Tarik Iklan terhadap Brand Attitude Indomie di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(12), 7899–7928.
Ridho, M., Suharyono. 2017. Pengaruh Kualitas Produk terhadap Brand Image dan Dampaknya pada Kepuasan Pelanggan (Survei pada Pelanggan Kartu Prabayar Simpati Kota Malang). Jurnal Administrasi bisnis Vol 52 (1): 124-131.
Romadhon, M.N., Zainuddin. 2018. Dampak Ojek Online terhadap Kesejahteraan Sosial (Studi Kasus pada Komunitas Independent Gojek di Yogyakarta). Skripsi. Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Safrizal. 2015. Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepusan Konsumen pada Restoran Ayam Penyet Pak Ulis di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Keuangan Vol 4(1): 214-224.
Situmeang, L.S. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen pada Rumah Makan Istana Hot Plate Medan. Skripsi. Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Situmorang, J. R. 2010. Pemasaran Viral. Administrasi Bisnis, 6(No.1), 59–71.
Soemirat, dan Elvinaro. 2008. Marketing Public Relations. In Strategic Brand Management 24, pp. 155–172.
Syahputra, A. R. 2016. Penggunaan Technology Acceptance Model terhadap Intensi Pebisnis dalam Menggunakan E-Commerce. Universitas Lampung.
Tulasi, D.2012. Marketing Communication dan Brand Awareness. Humaniora, 3(45), 215–222.
Wahid, U., dan A. E. Puspita. 2017. Upaya Peningkatkan Brand Awareness PT . Go-Jek Indonesia Melalui Aktivitas Marketing Public Relations. Jurnal Komunikasi, 9(1), 31–43.
Wardani, T.U. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Bisni Jasa Transportasi Gojek (Studi Kasus Mahasiswa FEBI UNI Sumatera Utara. Skripsi. Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara..
Zahra, A. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, dan Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Trasnportai Ojek Online (Studi pada Pelanggana Gojek di Kota Yogyakarta). Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyarkat.