FAKTOR-FAKTOR MEMPENGARUHI NIAT PELAKU UMKM KOTA DENPASAR MENGGUNAKAN QRIS
Authors
Ngakan Bagus Prasasta Sudiatmika , Ida Ayu Oka MartiniDOI:
10.29303/jmm.v11i3.735Published:
2022-08-15Issue:
Vol. 11 No. 3 (2022): JMM Agustus 2022Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi niat pelaku UMKM Kota Denpasar menggunakan QRIS sebagai salah satu metode pembayaran non tunai di tempat usaha mereka. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner dengan pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Kriteria sampel dalam penelitian ini yaitu pelaku UMKM di Kota Denpasar yang telah menggunakan merchant QRIS untuk pembayaran secara non tunai. Kuesioner diberikan secara acak kepada pelaku UMKM di Kota Denpasar yang telah menggunakan merchant QRIS. Kusesioner yang diberikan berisi sejumlah pertanyaan atau pernyataan penelitian yang perlu dilengkapi dan dikirimkan menggunakan platform google forms. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan SEM-PLS (Structural Equation Model - Partial Least Squares). Penelitian ini menggunakan model hubungan pengaruh, oleh karena itu hipotesis diuji menggunakan teknik analisis SEM menggunakan aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, kepercayaan dan pengaruh sosial berpengaruh positif signifikan terhadap niat menggunakan merchant QRIS bagi pelaku UMKM Kota Denpasar. Persepsi risiko berpengaruh negatif signifikan terhadap niat menggunakan merchant QRIS bagi pelaku UMKM Kota Denpasar.References
Bank Indonesia (2019). Materi Sosialisasi QRIS. Tersedia secara online dari: https://www.bi.go.id/id/edukasi/Pages/QR-Code-Indonesian-Standard.aspx [diakses 26 November 2021]
Bank Indonesia (2021). Kilas Balik 2021 dan Prospek Ekonomi Bali 2022. Pertemuan Tahunan BI 2021.
Chin, W. W. (1998). The Partial Least Squares Approach to Structural Equation Modeling. Modern Methods for Business Research, 295, 336.
Davis (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, Vol. 13, No. 3 (Sep., 1989), pp.319-340. http://www.jstor.org/stable/249008
Dewi (2018). Intensi Masyarakat Berinvestasi pada Peer to Peer Lending: Analisis Theory of Planned Behavior. Jurnal Ilmiah Akuntansi & Bisnis, Volume 3, No. 2, Desember 2018. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/akuntansi/
Ferdinand, Augusty Tae (2006). Metode Penelitian Manajamen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam (2014). Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hair, J. F., Jr., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2013). Partial Least Squares Structural Equation Modeling: Rigorous applications, better results and higher acceptance [Editorial]. Long Range Planning: International Journal of Strategic Management, 46(1-2), 1–12. https://doi.org/10.1016/j.lrp.2013.01.001.
Husna, Z. (2020). Masyarakat Muslim Terhadap Preferensi Melalui Kode QRIS (Studi Kasus di Yayasan Masjid Jami’ Kota Malang). Departemen Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya.
Indah, M. & Agustin, H. (2019). Penerapan Model UTAUT (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology) untuk Memahami Niat dan Perilaku Aktual Pengguna Go-Pay di Kota Kadang. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 1(4), Seri C, 1949-1967.
Jogiyanto, H.M. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogtakarta : ANDI
Pusat Data Kota Denpasar (2020). Data UMKM Kota Denpasar Tahun 2016-2019.https://pusatdata.denpasarkota.go.id/?page=DataDetail&language=id&domain=&data_id=1606876170, tanggal akses 22 November 2021.
Lui, Hung Kit and Jamieson, Rodger (2003). Integrating Trust and Risk Perceptions in Business to Consumer Electronic Commerce with Technology Acceptance Model. ECIS 2003 Proceedings. 60. http://aisel.aisnet.org/ecis2003/60.
Mayanti, R. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan User Terhadap Penerapan Quick Response Indonesia Standard Sebagai Teknologi Pembayaran Pada Dompet Digital. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 25(2), 123–135. https://doi.org/10.35760/eb.2020.v25i2.2413
Mayer et al. (1995). An Integrative Model Of Organizational Trust. The Academy of Management Review, Vol. 20, No. 3 (Jul., 1995), pp.709-734. http://www.jstor.org/stable/258792
Musyaffi, A. M., & Kayati, K. (2020). Dampak Kemudahan dan Risiko Sistem Pembayaran QR Code: Technology Acceptance Model (TAM) Extension. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 3(2), 161. https://doi.org/10.33603/jibm.v3i2.2635
Nazirwan et al. (2020). Peran Trust, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Perceived E-Service Quality, dan Perceived Risk Terhadap Behavior Intention: Suatu Penelitian Pada Kiosk Tyme Digital. e-Jurnal Apresiasi Ekonomi Volume 8, Nomor 2, Juli 2020 : 235-245
Ningsih, H. A., Sasmita, E. M., & Sari, B. (2021). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Menggunakan Uang Elektronik (QRIS) Pada Mahasiswa. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika,4(1), 1-9.
Nustini & Adhinagari (2020). Penerapan Technology Acceptance Model pada Penggunaan E-Money Studi pada Wilayah Non Perkotaan. Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, Volume 9 No 2.
Setiawan A, Sulistiowati H. L. (2017), Penerapan Modifikasi Technology Acceptance Model (TAM) dalam E-Business. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa, Vol. 10 No. 2 September 2017 : 171-186. http://dx.doi.org/10.25105/jmpj.v10i1.2277
Setiawan, I. W. A., & Mahyuni, L. P. (2020). QRIS di Mata UMKM: Eksplorasi Persepsi dan Intensi UMKM Menggunakan QRIS. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 9.10(2020):921-946. https://doi.org/10.24843/eeb.2020.v09.i10.p01
Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Venkatesh et. al. (2003). User Acceptance Of Information Technology: Toward A Unified View. MIS Quarterly Vol. 27 No. 3, pp.425-478
Venkatesh et al. (2012). Consumer Acceptance And Use Of Information Technology:Extending The Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology. Forthcoming in MIS Quarterly, Vol. 36, No. 1 (2012), pp. 157-178.
Wijaya, Stevanus Wisnu. (2006). Kajian Teoritis Technology Acceptance Model Sebagai Model Pendekatan Untuk Menentukan Strategi Mendorong Kemauan Pengguna dalam Menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Prosiding Konferensi Nasional Sistem Informasi.Yogyakarta.
License
Copyright (c) 2022 Ngakan Bagus Prasasta Sudiatmika -, Ida Ayu Oka Martini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.