Pengaruh Brand Image dan Electronic Word of Mouth Terhadap Purchase Intention Pada Produk Mie Instan Supermi di Kota Mataram

Authors

  • Akbar Adiguna Universitas Mataram
  • Muhammad Ilhamuddin Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/jmm.v14i3.826

Keywords:

Citra Merek, Promosi Elektronik Dari Mulut ke Mulut, Niat Membeli, Supermi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Brand Image dan Electronic Word of Mouth (eWOM) terhadap Purchase Intention pada produk mie instan Supermi di Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Sampel penelitian berjumlah 100 responden yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria berusia di atas 17 tahun, belum pernah membeli produk Supermi, serta aktif menggunakan media sosial. Data dikumpulkan dengan kuesioner berskala Likert dan dianalisis dengan regresi linier berganda menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention dengan koefisien regresi sebesar 0,707, nilai t hitung = 8,052 > t tabel = 1,984, serta tingkat signifikansi p = 0,001 < 0,05. Variabel eWOM juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention dengan koefisien regresi sebesar 0,541, nilai t hitung = 6,232 > t tabel = 1,984, dan tingkat signifikansi p = 0,001 < 0,05. Secara simultan, Brand Image dan eWOM berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention dengan nilai F hitung = 188,879 > F tabel = 3,09, serta tingkat signifikansi p = 0,001 < 0,05. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,769 menunjukkan bahwa 76,9% variasi Purchase Intention dapat dijelaskan oleh Brand Image dan eWOM. Temuan ini menegaskan bahwa penguatan citra merek dan pemanfaatan strategi komunikasi eWOM yang efektif mampu meningkatkan niat beli konsumen terhadap produk mie instan Supermi di Kota Mataram.

References

Aaker, D. (1991). Brand equity. La Gestione Del Valore Della Marca, 347, 356.

Aldrin Akbar, M., Khotimah, K., Pasolo, F., & Labo, I. A. (n.d.). Electroonic Word Of Mouth (e-WOM) Pengaruhnya Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image Pada Smartphone Xiaomi (Studi Pada Mahasiswa di Kota Jayapura). Retrieved from https://www.thenational.ae/business/technol

Alia Febiani. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth Dan Electronic Trust Terhadap Purchase Intention Lazada Pada mahasiswa STKIP Budidaya Binjai.

Augusty Ferdinand. (2014). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen (5th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Centre, A. E. G. I. (2024). The Indonesian noodle market. Retrieved from https://www.aegic.org.au/wp-content/uploads/2024/11/AEGIC-The-Indonesian-noodle-market_LR.pdf

Cheung, C. M. K., & Thadani, D. R. (2012). The impact of electronic word-of-mouth communication: A literature analysis and integrative model. Decision Support Systems, 54(1), 461–470.

Christy M.K. Cheung & Dimple R. Thadani. (2012). The Impact of Electronic Word-of-Mouth Communication: A Literature Analysis and Integrative Mode. Decision Support Systems.

David A. Aaker & Alexander L. Biel. (2009). Brand Equity & Advertising: Advertising’s Role in Building Strong Brands. Lawrence Erlbaum Associates.

Dian Ruhamak, M., & Rahayu, B. (2016). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image Pada Lembaga Kursus Bahasa Inggris Dynamic English Course Pare (Vol. 1).

Dimas Arif Wahyu Setiawan. (2023). Pengaruh Brand Image, Perceived Quality, Perceived Price Terhadap Niat Beli Produk Thrift (Studi Empiris Pada Generasi Muda Konsumen Produk Thrift di Kota Magelang) SKRIPSI.

Erkan, I., & Evans, C. (2016). The influence of eWOM in social media on consumers’ purchase intentions: An extended approach to information adoption. Computers in Human Behavior, 61, 47–55.

Ferdinand, A. (2002). Structural Equation Modeling dalam Penelitian Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Semarang: Universitas Diponegoro .

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Undip.

Glavič, P. (2021). Evolution and current challenges of sustainable consumption and production. Sustainability, 13(16), 9379.

GWI. (2025). Social media statistics for brands in 2025. Retrieved July 13, 2025, from https://www.gwi.com/blog/social-media-statistics

Hennig-Thurau, T., Gwinner, K. P., Walsh, G., & Gremler, D. D. (2004). Electronic word-of-mouth via consumer-opinion platforms: What motivates consumers to articulate themselves on the Internet? Journal of Interactive Marketing, 18(1), 38–52. https://doi.org/10.1002/dir.10073

Hermansyah, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek: planning & strategy. Penerbit Qiara Media.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Marketing management (13th editi). Upper Saddle River, NJ Pearson Education, Inc , 2009.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management.

Leon G. Schiffman & Joseph Wisenblit. (2019). Consumer Behavior (12th ed.). New York City: Pearson Education.

Lestari, E. D., & Gunawan, C. (2021). Pengaruh E-Wom Pada Media Sosial Tiktok Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Pada Minat Beli. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Sosial (EMBISS), 1(2), 75–82.

Ma’ruf Abdullah. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Novia Indah Dewanti, & I Wayan Santika. (2024). Pengaruh Social Media Marketing dan Electronic Word of Mouth Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image. Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 20(3), 103–125. https://doi.org/10.56910/gemawisata.v20i3.392

Nurohadi Setiadi. (2016). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Kencana.

Reza Jalilvand, M., & Samiei, N. (2012). The effect of electronic word of mouth on brand image and purchase intention: An empirical study in the automobile industry in Iran. Marketing Intelligence & Planning, 30(4), 460–476.

Saban Echdar. (2017). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis: Panduan Komprehensif Langkah Demi Langkah Penelitian untuk Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Saputro, A. (2018). Pengaruh Digital Marketing dan Brand Ambassador dalam Membentuk Brand Identity sebagai Variabel Intervensi terhadap Purchase Intention Pada Produk Markobar. Jurnal Strategi Pemasaran, 5(2).

Schiffman, L. G. . & K. L. L. (2010). Consumer Behavior (10th edition). Upper Saddle River, New Jersey, USA: Pearson Prentice Hal.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2007). Comsumer Behavior (9th ed.). Upper Saddle River: Pearson Education.

Setiadi, N. J. (2013). Perilaku Konsumen (Edisi Revi). Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Kuantitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Suharno & Yudi Sutarso. (2010). Marketing In Practice. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syofian Siregar. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana.

Top Brand Award. (2024). Top Brand Index Mie Instant. Retrieved from https://www.topbrand-award.com/

WINA. (2025). World Instant Noodles Association. World Instant Noodle Assosiation. Retrieved from https://instantnoodles.org/en/noodles/demand/table/

Yuli Wijayanti et al,. (2024). Pengaruh Kredibilitas Sosial Media Influencer, Hubungan Parasosial, Dan Brand Image Terhadap Niat Beli Konsumen Pada Pengguna Tiktok.

Yuliantoro, Y. E., Welsa, H., & Cahya, A. D. (2024). Pengaruh Brand Image dan Digital Marketing Terhadap Purchase Intention Melalui Loyalitas Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. https://doi.org/10.38035/jmpis.v5i4

Downloads

Published

2025-09-29

How to Cite

Adiguna, A. ., & Ilhamuddin, M. . (2025). Pengaruh Brand Image dan Electronic Word of Mouth Terhadap Purchase Intention Pada Produk Mie Instan Supermi di Kota Mataram. JMM UNRAM - MASTER OF MANAGEMENT JOURNAL, 14(3), 15–26. https://doi.org/10.29303/jmm.v14i3.826