Pengaruh Live Streaming Content Marketing dan Voucher Discount Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Pengguna Tiktok Shop

Authors

  • Nur Auliya Hujjati Universitas Mataram
  • Muhammad Ilhamuddin Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/jmm.v14i4.833

Keywords:

live streaming, content marketing, voucher discount, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh live streaming, content marketing, dan voucher discount terhadap keputusan pembelian produk pada pengguna tiktok shop. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Subjek penelitian ini adalah pembeli yang pernah melakukan pembelian pada tiktok shop yang berjumlah 100 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan jenis purposive sampling dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda melalui software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) live streaming berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk pada pengguna tiktok shop, (2) content marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk pada pengguna tiktok shop. (3) voucher discount berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk pada pengguna tiktok shop.  

References

Aryasa, F. M., & Roosdhani, M. R. (2024). PENGARUH PRICE DISCOUNT, CONTENT MARKETING, DAN LIVE STREAMING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TIKTOK @AINAFASHION.ID. In KOMITMEN: Jurnal Ilmiah Manajemen (Vol. 5, Issue 2).

Aryatinigrum, S. W., & Surabaya, U. N. (n.d.). Nomor 3-Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya 2020. In Jurnal Ilmu Manajemen (Vol. 8).

Chairina, P., Kusumastuti, R., & Rusfian, E. Z. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN DALAM MENGEMBANGKAN MODEL BISNIS DAN OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL MELALUI PELATIHAN MODEL BISNIS DAN PROMOSI BAGI UMKM. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(2), 963. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.6917

Discount, P., Produk, K., Ongkir Dan, G., Rahma Yuni, L., Eko Broto, B., & Florentina Sinaga Simanjorang, E. (2023). Jurnal Mirai Management Pengaruh Discount, Kualitas Produk, Gratis Ongkir Dan Live Streaming Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Tiktok Shop. Jurnal Management, 8(3).

Ekonomi, J., Razak, A., Maulidaini, S., Mustofa, A., Suraiya, N., & Anggraini, I. (2024). Pengaruh Harga Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Pada Live Streaming Aplikasi Tiktok Shop The Influence of Prices and Consumer Confidence on Students’ Purchasing Decisions in Live Streaming Tiktok Shop Application (Vol. 9). http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/

Febriah, I., Febriyantoro, M. T., Trio, M., Program, F., Manajemen, S., Pembangunan, U., Jaya, J. &, & Selatan, T. (2023). Pengaruh Live Video Streaming Tiktok, Potongan Harga, dan Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian. Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis, 7(2). http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemicaWebsite:https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica

Jamaludin, dkk. (2022). “Pemasaran Era Kini: Pendekatan Berbasis Digital.” Penerbit Media Sains Indonesia.

Kamila Putri, A., & Aghniarahma Junia, A. (n.d.). Pengaruh Live Streaming Dan Electronic Word Of Mouth (Ewom) Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Produk Skintific Melalui Tiktokshop). Annisa Aghniarahma Junia INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 8238–8248.

Karina, M., & Sari, N. E. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Online TikTok Shop. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 6(2), 101–116. https://doi.org/10.33753/madani.v6i2.277

Keller, P. K. & K. L. (2009). Marketing Management. earson Education Limited.

Kurnia Yelta, R., & Yamini, E. A. (2023). Pengaruh Program Gratis Ongkir dan Subsidi Voucher Belanja Terhadap Keputusan Pembelian Pada Platform E-commerce Tik Tok Shop. In Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN) (Vol. 1, Issue 3).

Kusumaningrum, D. A., & Setiawan, D. P. (2021). Pengaruh Promo Cashback Berbagai Jenis e-Payment Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus : Chatime Indonesia). Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(2), 139. https://doi.org/10.32493/drb.v4i2.9396

listia rahma yuni et al., 2023. (2023). Pengaruh Discount, Kualitas Produk, Gratis Ongkir Dan Live Streaming Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Tiktok Shop. Pengaruh Discount, Kualitas Produk, Gratis Ongkir Dan Live Streaming Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Tiktok Shop, 3.

Misbakhudin, A., & Komaryatin, N. (n.d.). CONTENT MARKETING, LIVE STREAMING, AND ONLINE CUSTOMER REVIEWS ON FASHION PRODUCT PURCHASE DECISIONS (Vol. 12, Issue 2). https://ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/iqtishaduna

Pengaruh Content Marketing dan E-WoM pada Media Sosial TikTok terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z. (n.d.).

Rahmayanti, S., & Dermawan, R. (2023). SEIKO : Journal of Management & Business Pengaruh Live Streaming, Content Marketing, dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian pada TikTok Shop di Surabaya. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(1), 337–344. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.2451

Resta, A., Akhmad, K. A., & Gunaningrat, R. (2023). Pengaruh Program Voucher Diskon dan Program Gratis Ongkos Kirim terhadap Minat Beli Ulang pada Aplikasi Shopee Food. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(1), 759–771. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i1.4878

sahripah nuris. (2024). udh Jurnal+Nuris+Musytari. Neraca Manajemen,Ekonomi.

Song, C. ;, & Liu, Y.-L. (n.d.). Standard-Nutzungsbedingungen. https://hdl.handle.net/10419/238054

sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Penebit Alfabeta.

Victor Kamanda, S. (n.d.). PENGARUH CONTENT MARKETING TERHADAP MINAT BELI PRODUK CIMORY PADA SINAR MART (Vol. 2, Issue 1).

Wahyuningsih, Y., & Saputra, M. (n.d.). Keputusan Pembelian Konsumen Dipengaruhi Online Live Streaming, Free Gift dan Diskon Pada Media Social Tiktok.

Downloads

Published

2025-11-30

How to Cite

Auliya Hujjati, N. ., & Ilhamuddin, M. . (2025). Pengaruh Live Streaming Content Marketing dan Voucher Discount Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Pengguna Tiktok Shop. JMM UNRAM - MASTER OF MANAGEMENT JOURNAL, 14(4), 103–116. https://doi.org/10.29303/jmm.v14i4.833