Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Meekow di Mataram
DOI:
https://doi.org/10.29303/jmm.v14i3.830Keywords:
Keputusan Pembelian, Kualitas Layanan dan PromosiAbstract
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelyanana dan promosi terhadap keputusan pembelian pada Meekow di Mataram. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung Meekow di Mataram dengan sampel sebanyak 100 konsumen yang pernah berkunjung ke Meekow di Mataram dengan menggunakan teknik pengambilan sampel non-probability sampling dengan jenis purposive sampling. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif asosiatif. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan SPSS 26.0, dimana dilakukan uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji signifikansi (uji t), dan uji koefisien determinasi (R Square). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian hal ini berdasarkan hasil uji t diperoleh t hitung=53.133 dan nilai sig 0.000 dimana t hitung > t tabel (53.133 > 1.697) atau nilai sig < 5% (0,000 < 0,05). (2) Promisi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian hal ini berdasarkan hasil uji t diperoleh t hitung = 0.000 dan nilai sig 0.000 dimana t hitung > t tabel (3,764 > 1.697) atau nilai sig < 5% (0,000 < 0,05).References
Asnawi dan Masyuri. 2009. Metodelogi Riset Manajemen Pemasaran. Malang: UIN-Malang Press.
Bambang pranoto. 2008. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Kendaraan Bermotor. Jurnal Ilmiah Faktor Exacta.
Daryani. 2006. Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian konsumen. Skripsi, Universitas Sumatera Utara.Fandy Tjiptono, 2008 .Strategi Pemasaran. Edisi III, Yogyakarta : CV. Andi Offset.
Ferdinand, Augusty Prof. DBA. 2014. Metode Penelitian Manajemen, Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. 2017. Ekonometrika Teori, Konsep dan Aplikasi dengan IBM SPSS 24. Undip.
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Universita Deponegoro: Semarang.
Hanan, F., & Busman, S. A. (2021). Pengaruh promosi penjualan dan penetapan harga terhadap keputusan pembelian konsumen pada kedai kopi di Sumbawa Besar.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Kasmir. (2017). Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. PT Raja. Grafindo Persada: Jakarta.
Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13 jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip and Kevin, Lane Keller. 2012. Marketing Management. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Kotler, Philip. & Armstrong, Gary. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.
Kotler. Marketing Insihts From A to Z, Limited, Jakarta, 2007. Kotler. Marketing Insihts From A to Z, Limited, Jakarta, 2007.
Kurniasari, Nova Dhita. (2013). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen Waroeng Steak & Shake Cabang Jl. Sriwijaya 11 Semarang. (Skripsi Program Sarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis), Semarang: Universitas Diponegoro.
lfitriana, N., Ngatiningrum, S., Rizki, R. R., Putra, E., & Sugiyanto. (2022). Pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee (Studi kasus mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Pamulang).
Sejati, Bayu Sutrisna Aria, dan Yahya. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbucks. Vol. 5 No. 3. ISSN. 2461- 0593
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2017), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono.(2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sujarweni, V. Wiratna, Metode Penelitian Bisnis Dan Ekonomi, Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2015.
Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa –Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andi Offset, Yogyakarta.
Zhafirah faras putri, 2021. konsumerisme anak muda dalam budaya nongkrong (studi kasus pada preferensi cafe di jakarta selatan).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC BY 4.0. This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in JMM.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).




