PENGARUH STRUKTUR ORGANISASI, KEPEMIMPINAN DAN KOMPETENSI PEGAWAI TERHADAP EFEKTIVITAS PELAYANAN PROGRAM ONE DAY SERVICE DI KANTOR PERTANAHAN KOTA MATARAM

Authors

  • Lalu Parjadinata MM UNRAM
  • Surati Surati FEB UNRAM
  • Dwi Putra Buana Sakti FEB UNRAM

DOI:

https://doi.org/10.29303/jmm.v9i1.480

Abstract

One Day Service is processing land clearance in one day in Mataram Agrarian Office Counter. Low capability of employee in terms of using technology devices, work performance, and discipline affect One Day Service Program. This research aim to analyze the influence of organizational structure, leadership and public servants competence to the effectivity of One Day Service. The research conducted in Mataram Agrarian Office with 50 Samples. This data used primer data and seconder data. The Data collection method of the research is done using observation , interview , the spread of the survey/Engineering and a data collection is done with the survey , documentation , and questionnaires. The result of the hypothesis shows that organizational structure and public servants have a positive and significant impact on the service effectivity. However, leadership has a positive impacts but not that significant. In conclusion, the result of this research illustrate that the influence of organizational structure, leadership, and public servants competence in Mataram Agrarian Offices for One Day Service contributes to the effectivity service, accounting for 48 %. However, miscellaneous factors contribute for 51 %.

References

Ambonowati, Lely.2002. Analisis Struktur Organisasi terhadap Efektivitas Organisasi Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat Propinsi Jawa Tengah.Semarang: Universitas Diponegoro.

Bejo, Siswanto. 2005. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administrarif dan Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Byars, Llloyd L dan Rue, Leslie W., (2008). Human Resource Management, 8 edition. MCGraw-Hill

Creswell, J.,W. 2013. Research Design: Qualitative, Quantitative and Mix Methods Approaches. 4th edition. California: Sage Publication

Fahmi, Irham ,2012. Manajemen Kepemimpinan : Teori & Aplikasi. Cetakan Kesatu. Bandung : Alfabeta.

Fandy Tjiptono. 1995. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Gibson, James L; dkk 1994.Organisasi dan Manajemen.Edisi 4. Jakarta. Erlangga

Gibson, James L.; dkk. 1989. Organisasi (jilid 1). Jakarta: Erlangga

Hasibuan, S.P.M. 2011. Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah. CV. Haji Masagung, Jakarta.

Idris. 2006. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Budaya Perusahaan, dan Pengemba-ngan Sumberdaya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan Industri Kakao pada Kawasan Industri Makassar di Sulawesi Selatan. Tesis.Tidak diterbitkan. Palu: Program Pascasarjana Universitas Tadulako.

Ivancevich, Jhon M. Et al. 2007 .Perilaku dan Manajemen Organisasi.Jakarta:Erlangga

Moenir, H.A.S. 2001.Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution, Ningsih dan Fitri. 2014. Pengaruh Kepemimpinan Dan Kompetensi Terhadap Efektivitas Organisasi Pada Pegawai Negeri Sipil Di Lingkungan Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional XII. JOM Fekon Vol. 1 No. 2 Oktober 2014

Palan, R (2007).Competency and magement.Teknis Mengimplementasikan Manajemen SDM Berbasis Kompetensi Untuk Meningkatkan Daya saing Organisasi.PPM. Jakarta

Pasolong, Harbani. 2008. Kepemimpinan Birokrasi. Bandung: Alfabeta.

Prasetyaningsih.2009,Pengaruh struktur organisasi, kepemimpinan dan Kemampuan sdm terhadap efektivitas pelayanan Pensertifikatan hak atas tanah Pada kantor pertanahan kabupaten kendal.

Ratminto. 2005. Manajemen Pelayanan, disertai dengan pengembangan model konseptual, penerapan citizen’s charter dan standar pelayanan minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Robbin, Stephen P.;alih bahasa:Jusuf Udaya.1994.Teori Organisasi:Struktur, Desain dan Aplikasi.Jakarta:Arcan

Robbins, Stephen P. 2003. Perilaku Organisasi. Jakarta : Indeks

Rusmaini, 2017Penelitian ini berjudul: Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang. Journal of Islamic Education Management, Desember 2017, Vol. 3 No. 2,

Siagian Sondang P., 2002. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja, Cetakan Pertama, PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Slater, Robert (2001). Jack Welch and The GE Way : Wawasan Manajemen dan Rahasia Kepemimpinan CEO Legendaris (Terjemah oleh Fandy Tjiptono). Edisi I. Yogyakarta : Andi.

Spencer, Lyle, M.Jr. dan Signe M.Spencer., (2011), Competence at Work. New York: John Wiley&Sons, Inc

Steers, M Richard.(1985). Efektivitas Organisasi Perusahaan. Jakarta: Erlangga.

Stoner, James A.F., R. Edward Freeman, dan Daniel R. Gilbert Jr. (1996), Manajemen, Jilid II, Jakarta : Prenhallindo.

Sulistio, Eko dan Budi, Waspa Kusuma. 2009. Birokrasi Poblik:Perspektif Ilmu Administrasi Publik. Metro: STISIPOL Dharma Wacana Metro

Sutrisno Edy, 2010. Budaya Organisasi. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Tika H. Moh. Pabundu, 2006.Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan, Cetakan Pertama, PT. Bhumi Aksara, Jakarta.

Wibowo.(2010). Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Press.

Wibowo.2013, Manajemen Kinerja, Edisi Ketiga, Jakarta:PT RajaGrafindo Persada

Downloads

Published

2019-09-02

How to Cite

Parjadinata, L., Surati, S., & Sakti, D. P. B. (2019). PENGARUH STRUKTUR ORGANISASI, KEPEMIMPINAN DAN KOMPETENSI PEGAWAI TERHADAP EFEKTIVITAS PELAYANAN PROGRAM ONE DAY SERVICE DI KANTOR PERTANAHAN KOTA MATARAM. Jurnal Magister Manajemen, 9(1), 13–27. https://doi.org/10.29303/jmm.v9i1.480

Most read articles by the same author(s)

1 > >>