ANALISIS PENGARUH SIKAP TERHADAP MINAT BELI ONLINE MELALUI DROPSHIPPER PADA MEDIA E-COMMERCE
DOI:
https://doi.org/10.29303/jmm.v10i3.664Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sikap kognitif, afektif, dan konatif terhadap minat beli online melalui dropshipper pada media e-commerce. Populasi dalam penelitian ini adalah individu/masyarakat NTB yang berminat untuk berbelanja online melalui dropshiper. Teknik penentuan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah non-probability sampling dengan metode convenience sampling. Dengan metode convenience sampling, responden yang berhak mengisi kuesioner tergantung sepenuhnya kepada kemudahan penelitian. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis PLS. Hasil penelitian membuktikan bahwa sikap berpengaruh terhadap minat beli online melalui dropshipper.References
Ajzen, I. & Fishbein, M. 1975. Understanding Attitudes and Predicting Social Behavior. Prentice-hall, Englewood Cliffs, NJ
Azwar , 2013. Sikap manusia: teori dan pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka pelajar
Ardiansyah, R., (2016), Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Minat Beli Online Shop Konsumen. Jurnal Manajemen Pemasaran Universitas Islam Indonesia.
Aqsa, M., Pengaruh Iklan Online Terhadap Sikap Dan Minat Beli Konsumen Secara Online Di Kota Palopo (Survei pada Pengguna Internet di Kota Palopo). Jurnal Ekonomi, Vol 03, no 1: pp82-352
Ansyah, F. & Abror. (2019). Pengaruh Persepsi Resioko dan Kepercayaan Pada Vendor Terhadap Minat Beli yang DImediasi oleh SIkap Konsumen Toko Online Lazada di Kota Padang. Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha. I (1) : 46-58.
Ansyah, F. & Abror. (2019). Pengaruh Persepsi Resioko dan Kepercayaan Pada Vendor Terhadap Minat Beli yang DImediasi oleh SIkap Konsumen Toko Online Lazada di Kota Padang. Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha. I (1) : 46-58.
Barkatullah, A.A. & Prasetyo, T. (2005), Bisnis E-Commerce: Studi Sistem Kemanan dan Hukum di Indonesia, Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Binalay, A.G., Mandey, S.L. & Mintardjo, C.M.O. (2016), Pengaruh Sikap. Norma Subjektif dan Motivasi Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Manado, Jurnal EMBA, VI (1) : 395-406.
Dewi dan Ardani. (2016). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif terhadap Niat Beli Ulang Produk Fashion Via Online di Kota Denpasar. Jurnal Universitas Udayana. Vol. 5 No. 1, hal 650-674.
Ferdinand, A. (2006),Metode Penelitian Manajemen, Semarang: BP UNDIP.
Kotler, P. (2008),Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2, Jakarta: Indeks.
Kotler, P. & Armstrong, G. (2008), Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi Ke-12 Jilid 1, Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip & Keller, K.L. (2009), Manajemen Pemasaran, Jakarta: Erlangga.
Kiptiah, M., (2015) Respon Kognitif, Afektif dan Konatif Pegawai Fakultas Syariah dan Hukum Syarif Hidayatullah Jakarta Terhadap Minat Berasuransi Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri Jakarta.
Lim, S., Ilies, R., Koopman, J., Christoforou, P., & Arvey, R.D. 2016. Emotional Mechanisms Linking Incivility at Work to Aggression and Withdrawal at Home: An Experience-Sampling Study, Journal of Management. Vol. 1, pp. 1-21.
Mowen, John dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta : Erlangga
Pramono, Suyono, A.G., Sukmawati, S., 2012.Pertimbangan Dalam Membeli Produk Barang Maupun Jasa. Intidayu Press. Jakarta.
Putra, Putu Eka Yusdiawan dan Ida Bagus Sudiksa. (2016). Peran Sikap Dalam Memediasi Hubungan Antara Harga Dengan Niat Beli Smartphone Merek Samsung. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No. 10, pp6762-6794
Rossiter, John R.& Larry Percy. (1997),Advertising And Promotion Management, Mc- Graw-Hill Inc. Alright All Reserved Printed In The United States Of America.
Sreen, N., Purbey, S. & Sadarangani, P. (2018). Impact of Culture, Behavior and Gender on Green Purchase Intention. Urnal of Retailing and Consumer Services. 41 : 177-189.
Solimun. (2005),Analisis Multivariat Structural Equation Modeling (SEM), Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sekaran, U. (2006), Metodologi Penelitian Bisnis (Terjemahan), Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. (2016), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Penerbit Alfabeta.
Suyanto, M.(2003), Strategi Periklanan Pada E-Commerce Perusahaan Top Dunia, Yogyakarta: Andi.
Schiffman, Leon, G., dan Leslie, L., Kanuk. 2007. Consumer Behavior 9th ed., Pearson Prentice Hall., New Jersey.
Schiffman, Leon, G., dan Leslie, L., Kanuk. Consumer Behavior. 10th edition. 2010. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Sunarto, A., (2009), Seluk Beluk E-Commerce, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Sekaran, U. (2006), Metodologi Penelitian Bisnis (Terjemahan), Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. (2016), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Penerbit Alfabeta.
Turban, Efraim, et al. 2000. Electronic Commerce a Managerial Perspective. New Jersey : Pearson Education International.
Wattimena, Ollidia Yoanna. 2015. Analisis Pengaruh Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Memilih Jasa Asuransi Kesehatan XYZ Di Palembang. STIE MDP Palembang.
Wardhani, M.M.K., (2009), Analsisis Pengaruh Sikap Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Pemutih Wajah Pond’s Flawless White Dalam Iklan Versi Story Line Di Televisi. Jurnal Manajemen Pemasaran Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 JMM UNRAM - MASTER OF MANAGEMENT JOURNAL

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC BY-SA 4.0 (Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in JMM.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).