PENGARUH ONLINE SHOPING EXPERIENCE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MENGGUNAKAN SHOPEE DENGAN CUSTOMER TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Authors
Maulidya Sofiani , Sulhaini Sulhaini , Junaidi SagirDOI:
10.29303/jmm.v11i2.711Published:
2022-05-26Issue:
Vol. 11 No. 2 (2022): JMM Mei 2022Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh variabel Online shopping experience terhadap Loyalitas Konsumen menggunakan Shopee dengan Customer trust sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Indonesia yang pernah menggunakan Shopee minimal 2 kali dengan, sampel dalam penelitian ini menggunakan 100 sampel. Teknik pengambilan sampel dengan metode non probability sampling. Sementara analisis data menggunakan PLS-SEM atau Structural Equation Modeling dengan Partial Least Square, menggunakan tools SmartPLS 3.3.3. Hasil penelitian ini menunjukkan Online shopping experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap Customer trust, Customer trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen, dan Online shopping experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen.References
Aldatya, R., Suharyati, S., & Nastiti, H. (2021). Pengaruh Citra Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pada E-Commerce Shopee. Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 1709-1725.
Ardyanto, A. S. (2013). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Brand Trust Dan Brand Commitment Pada Situs Bukalapak. Com Di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 2(1).
Ariyani, N. D., Rahadhini, M. D., & Sumaryanto, S. (2021). Pengaruh Pengalaman Belanja Online Terhadap Niat Beli Ulang Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Mediasi
(Survei Pada Konsumen Batik Pangastuti Di Beteng Trade Center Solo). Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 20(4).
Assegaff, S. (2015). Pengaruh Trust (Kepercayaan) Dan Online Shopping Experiences (Pengalaman Berbelanja Online) Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Berbelanja
Online: Prespektif Konsumen Di Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen, 13(3), 463-473.
Chandra, S. (2014). The Impact Of Customer Experience Toward Customer Satisfaction And Loyalty Of Ciputra World Surabaya. Ibuss Management, 2(2).
Cheshire, C., Antin, J., Cook, K. S., & Churchill, E. (2010). General And Familiar Trust In Websites. Knowledge, Technology & Policy, 23(3), 311-331.
Darwin, S. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Asuransi Jiwa Manulife Indonesia-Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1-12.
Farida, I., & Roesman, R. R. (2019). Pengaruh Cognitive Dan Affective Online Shopping Experience Terhadap E-Loyalty Pada Generasi Millenial Yang Berbelanja Di Situs
Belanja Online. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 12(2), 253-268.
Felita, C. I. (2015). Analisa Pengaruh Customer Experience Terhadap Customer Loyalty Dengan Customer Engagement Dan Customer Trust Sebagai Variabel Intervening Di The Body Shop. Jurnal Strategi Pemasaran, 3(1), 1-10.
Ghozali, I. H. (2014). Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart Pls 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Semarang: Bp Undip.
Hussein, A. S. (2015). Penelitian Bisnis Dan Manajemen Menggunakan Partial Least Squares (PLS) Dengan Smart-PLS 3.0. Universitas Brawijaya
Kotler, P., & Kevin, L. K . (2007). Manajemen Pemasaran (Edisi Kedua Belas Jilid I). Penerbit: PT. Indeks. Jakarta
Ling, K. C. et.al. (2010). The Effects Of Shopping Orientations, Online Trust And Prior Online Purchase Experience Toward Customers‟ Online Purchase Intention. Vol 3. Malaysia: International Business Research
Nirawati, L., Pratiwi, A. D., Mutiahana, A., & Afida, E. A. (2020). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Dan Pengalaman Pelanggan (Customer Experience) Terhadap
Loyalitas Pelanggan Pada Aplikasi Shopee. Jurnal Syntax Transformation, 1(9), 624-631.
Nurhanah, D., Budianto, A., & Toto, T. (2019). Pengaruh Customer Trust Dan Customer Perceived Terhadap Loyalitas Pelanggan (Suatu Studi Pada Toko Rabbani
Tasikmalaya). Business Management And Entrepreneurship Journal, 1(2), 189-200.
Paramita, R. G. (2020). Pengaruh Customers‟ Experience Dan Brand Equity Terhadap Loyalitas Melalui Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa Pengguna Aplikasi Tokopedia (Doctoral Dissertation).
Schmitt, B. (2010). Experience Marketing: Concepts, Frameworks And Consumer Insights. Foundations And Trends® In Marketing, 5(2), 55–112.
Siagian, H., & Cahyono, E. (2014). Analisis Website Quality, Trust Dan Loyalty Pelanggan Online Shop. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol 8 No 2 Oktober 2014.
Suandana, N. P. W., Rahyuda, K., & Yasa, N. N. K. (2016). Pengaruh Pengalaman Membeli Produk Fashionterhadap Niat Membeli Kembali Melalui Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, Dan Kewirausahaan, 10(1), 85-97.
Widiyanto, P. B. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Swalayan Luwes
Purwodadi). Skripsi, Fakultas Ekonomi & Bisnis.
Dailysocial.Id. 2018. “Survei Markplus: Shopee Jadi Platform E-Commerce Paling Popular Saat Ini”. https://www.google.co.id/Amp/S/Dailysocial.Id/Amp/Post/Riset-E-Commerce-Markplus. Diakses Pada 26 September 2021.
Databoks. 2021. “10 E-Commerce Dengan Pengunjung Terbesar Pada Kuartal IV 2020”. https://Databoks.Katadata.co.id/Datapublish/2021/02/11/10-E-Commerce-Dengan-Pengunjung-Terbesar-Pada-Kuartal-Iv-2020. Diakses Pada 17 Oktober 2021.
Databoks. 2021. “Jumlah Pengunjung Tokopedia Kalahkan Shopee Pada Kuartal I 2021".
https://Databoks.Katadata.co.id/Datapublish/2021/06/11/Jumlah-Pengunjung-Tokopedia-Kalahkan-Shopee-Pada-Kuartal-I-2021. Diakses Pada 17 Oktober 2021.
Ipriceinsight. 2021. “The Map Of E-Commerce In Indonesia”. https://Iprice.Co.Id/Insights/Mapofecommerce/En/. Diakses Pada 17 Oktober 2021.
Katadata.Co.Id. 2021. “Nilai Transaksi E-Commerce RI Melonjak 91%, Shopee Kuasai pasar”.
https://www.google.co.id/Amp/S/Katadata.Co.Id/Amp/Yuliawati/Digital/60ba67ba89507/Nilai-Transaksi-E-Commerce-RI-Melonjak-91-Shopee-Kuasai-Pasar.
Diakses Pada 1 November 2021.
License
Copyright (c) 2022 Maulidya Sofiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.