PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA GURU SMKN 1 LINGSAR
DOI:
https://doi.org/10.29303/jmm.v12i4.791Keywords:
Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja, KinerjaAbstract
This study aims to determine the influence of leadership style (X), Work Motivation (Z) on Performance (Y) in SMKN 1 Lingsar Teachers. The type of research used is causal associative research with a quantitative approach. The data collection method used census method. The population and respondents in the study were 88 teachers. The analysis tool used is path analysis using the SPSS 26 for Windows program. The results of data analysis show that (1) leadership style has a positive and significant effect on performance. (2) Leadership style has a positive and significant effect on work motivation. (3) work motivation has a positive and significant effect on performance. (4) the role of work motivation positively and significantly mediates the influence of leadership style on performance in SMKN 1 Lingsar teachers.References
Agari, A. F. F. 2016. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan.” Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen 10 (4): 1–20.
Azahra, D. 2021. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Pos Indonesia (Persero) Cabang ….” Universitas Brawijaya.
Caksana, N. P. E. 2019. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada SMAN 1 Tulungagung.” Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) 4 (2): 82–92. https://ikopin.ac.id/jurnal/index.php /coopetition/article/download/37/44.
Dewanggi, A., & Sawitri, H. S. R. 2016. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Pada Kinerja Guru Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening.” Jurnal Bisnis Dan Manajemen 16 (1): 43–54. https://doi.org/10.20961/jbm.v16i1.4076.
Duha, T. 2020. Motivasi Untuk Kinerja. Yogyakarta: Deepublish.
Fajrin, I. Q. 2018. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening.” Universitam Brawijaya. http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162612/.
Fitrianingrum, N. S. 2022. “Pengaruh Motivasi Kerja Dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMA Di Kecamatan Purbolinggo.” Jurnal Humaniora Dan Ilmu Pendidikan 1 (2): 71–83. https://doi.org/10.35912/jahidik.v1i2.583.
Handoko, T. H. 2012. Manajemen Personalia & Sumber Daya Manusia. Edisi kedu. Yogyakarta: BPFE.
Harmendi, M., B. Lian, and R. Wardarita. 2021. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Dan MTS Muhammadiyah Di Kota Palembang.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2 (2): 93–105.
Hasibuan, M. S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hidayat, A. 2018. “Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Suku Dinas Kebersihan Kota Administrasi Jakarta Timur.” Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen 1: 141–50.
Kartono, K. 2016. Pemimpin Dan Kepemimpinan: Apakah Kepemimpinan Abnormal Itu. Edisi 1. Jakarta: Rajawali Pres.
Kasmir. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia Teori Dan Praktik. Depok: Rajawali Pres.
Kiswoanto, M., H. 2018. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Motivasi Bekerja Karyawan Kantor Dinas Surakarta.” Muhammadiyah Surakarta.
Mangkunegara, A. P. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan 14. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ninggsih, M. S. 2017. “Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di MA Al-Hikmah Wayhalim Kedaton Bandar Lampung.” Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Priyono, B. H., Qomariah, N., & Winahyu, P. 2018. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Guru Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Guru Sman 1 Tanggul Jember.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia 4 (2): 144. https://doi.org/10.32528/jmbi.v4i2.1758.
Purnamasari, L. 2020. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Melalui Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening Di SMK Nu Muara Padang.” Universitas Tridinanti Palembang.
Rezky, M. P., Samdin, S., & Nur, M. 2022. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Persepsi Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru Melalui Motivasi Berprestasi Jenjang SMP Negeri Sekabupaten Konawe Utara.” Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat 1 (12): 1120–27. https://doi.org/10.36418/comserva.v1i12.188.
Rivai, V. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Santi, N. S., Putra, R.S., & Zhulqurnain, M. R. 2021. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Guru Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening ( Studi Kasus Pada Guru SMP Baitussalam Surabaya ).” Jurnal UMAHA 1 (1): 264–68.
Selvia, A. 2021. “Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Se Kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5 (2): 2633–37.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Thoha, M. 2005. Perilaku Organisasi Konsep Dasar Dan Aplikasinya. Magelang: PT. Raja Grafindo Persada.
Torang, S. 2013. Organisasi Dan Manajemen : (Perilaku,Struktur,Budaya Dan Perubahan Organisasi). Cetakan 1. Bandung: Alfabeta.
Wibowo. 2016. Manajemen Kinerja. Edisi keli. Jakarta: Rajawali Pres.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ni Wayan Ratna Sari, Thatok Asmony, Siti Nurmayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC BY 4.0. This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in JMM.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).




