Analisis Gaya Hidup Pengguna Tokopedia
DOI:
https://doi.org/10.29303/jmm.v14i4.838Keywords:
Gaya HidupAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya hidup pengguna aplikasi Tokopedia di Nusa Tenggara Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna aplikasi Tokopedia di Nusa Tenggara Barat, sedangkan sampel dari penelitian ini sebanyak 100 pengguna Tokopedia dengan menggunakan Teknik pengambilan purposive sampling. Jenis penelitian ini merupakan penelitian analisis faktor. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan SPSS 25.0 for Windows, dimana dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi moderasi , uji signifikansi (uji t) dan uji koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pengguna aplikasi Tokopedia memiliki gaya hidup hedonis (2) Pengguna aplikasi Tokopedia lebih mementingkan keinginan di atas kebutuhan.References
Aziz, A. Z. (2020). E–COMMERCE PERILAKU GAYA HIDUP KONSUMTIF MAHASISWAMUSLIM Survey pada Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Addha, Esty Vidiah.(2017) "Studi Deskriptif Gaya Hidup Pada Mahasiswa Pengguna Iphone Di Fakultas Psikologi Universitas Medan Area.".
Afif, M. (2020). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Gaya Hidup Berbelanja dan Promosi Penjualan terhadap Pembelian Impulsif pada Konsumen Shopee ID. JAMIN: Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis, 2(2), 34-52.
Akbar, F. (2021). Peran E-Commerce di Tengah Pandemi terhadap Gaya Hidup Masyarakat Indonesia Masa Kini. Journal of Education and Technology, 1(1), 55-61.
Ananda, R. (2021). PENGARUH GAYA HIDUP HEDONIS TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA MAHASISWI PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE. In Psychommunity Seminar Nasional Psikologi Esa Unggul (Vol. 1, No. 01).
Anoraga, B. J., & Iriani, S. S. (2013). Pengaruh Gaya Hidup dan Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung Galaxy. Jurnal Ilmu Manajemen, 1 Nomor 4 Juli 2013.
Asmarantaka, Ratna Winandi. "Pemasaran agribisnis (agrimarketing)." (2012).
Aturrahmayanti, Nisa. 2015. “The Hedonism Lifestyle of 19th Century Manhattan in Anna Godbersen‟s The Luxe” Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim Malang.
Bagaskoro, A. W., & Supriyono, S. (2024). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis dan Gaya Hidup Berbelanja terhadap Pembelian Impulsif pada E-Commerce Tokopedia di Surabaya. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(3), 1573-1584.
Bernatta, R.A.R. 2017. Gaya Hidup Hedonis di Kalangan Remaja. Skripsi. Universitas Lampung.
Boko, Anselmus Yosef Tao. 2018. Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Acuan Terhadap Minat Beli (Studi Kasus Pada Sport Station Jogja City Mall dan Sport Station Ambarukmo Plaza). Skripsi Universitas Sanata Dharma
Dewani, Juliana Mardika Surya. 2019. “Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja, Keterlibatan Dalam Fesyen dan Sikap Terhadap Diskon Pada Pembelian Impuls Di Matahari Departement Store” Skripsi Universitas Sanata Dharma
Gustian. 2020 PENGARUH GAYA HIDUP HEDONIS DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE MELALUI APLIKASI TOKOPEDIA DI KECAMATAN GODEAN. Skripsi 2020 Universitas Sanata Dharma.
Handoko, T. Hani, and Basu Swasta. "Perilaku Konsumen." Yogyakarta: Bpfe (2008).
Putri, Purnomo. Karina. 2009. Hubungan Antara Konsep Diri dengan Gaya Hidup Hedonis pada Remaja. Skripsi 2009. Fakultas Psikologi, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang
Rachmatan, Risana. 2016. Religiusitas Dengan Gaya Hidup Hedonisme: Sebuah Gambaran Pada Mahasiswa Universitas Syiah Kuala. Universitas Syiah Kuala.
Maulana, E. A., Pebrianggara, A., & Hariasih, M. (2024). Dampak Gaya Hidup, Pengalaman Belanja, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian di Tokopedia. Jurnal E-Bis, 8(2), 711-723.
Noor, Syamsudin. "Penerapan analisis swot Dalam menentukan strategi pemasaran Daihatsu luxio di malang (studi kasus pada pt. Astra international tbk. daihatsu malang)." Jurnal INTEKNA: Informasi Teknik dan Niaga 14.2 (2014).
Saputra, W. O. (2019). Pengaruh gaya hidup, harga dan kemudahan terhadap keputusan pembelian produk pada situs e-commerce Lazada: Studi pada mahasiswa pengguna e-commerce Lazada Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Setyariningsih, E. (2019). Pengaruh Gaya Hidup dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online (E-Commerce) Lazada Di Kota Mojokerto. Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management, 2(2), 150-164.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Virgantini, N. L. E. S. (2023). PENGARUH GAYA HIDUP, SOCIAL MEDIA MARKETING, DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA TOKOPEDIA DI KOTA DENPASAR (Doctoral dissertation, Universitas Mahasaraswati Denpasar).
Zahara, A. N. (2021). Pengaruh Reputasi Penjual dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan Konsumen Pengguna Platform C2C Tokopedia di Medan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC BY 4.0. This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in JMM.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).




